Treatment Pengisian Pulsa atau Kuota Tidak Masuk

Tips Mengatasi Pulsa Tidak Masuk

Kendala dalam pengisian pulsa elektrik yang paling menjadi sorotan adalah pulsa tidak masuk dan tidak ada laporan/balasan sms.

Cara mengatasi pulsa (kuota internet) tidak masuk baik operator indosat, telkomsel, xl, axis, smartfren, tri, bolt atau bahkan token listrik sebenarnya memiliki prinsip yang sama.

Kondisi seperti ini tentu melibatkan banyak kemungkinan. Pertama, anda sebagai penjual pulsa harus punya wawasan. Terutama pengetahuan tentang berbagai kemungkinan pulsa atau kuota tidak masuk.

Salah satu contoh pertanyaan yang paling sering disampaikan adalah, kenapa pulsa belum masuk tapi saldo sudah terpotong….?

 

Tips Mengatasi Pulsa Tidak Masuk

 

Namun, tidak usah khawatir karena ini merupakan hal yang biasa dan bagian kecil dari resiko usaha. Pulsa tidak masuk juga seringkali karena ada gangguan dari operator seluler, jadi tidak usah panik karena ini bukan salah anda sebagai penjual pulsa…

Berikut ini Treatment yang bisa anda jadikan panduan ketika ada dugaan pembelian pulsa atau kuota yang tidak masuk :

 

1. Cek Pulsa atau Kuota di Nomor Pembeli secara Berkala

Terkadang, ada pembeli yang hanya karena belum mendapat sms pemberitahuan pulsa atau kuota bertambah dia langsung bilang ke penjual bahwa pulsa belum masuk. Padahal dia belum mengecek pulsa.

Bila sudah dicek pulsa ternyata masih belum bertambah tapi penjual pulsa sudah menerima laporan pengisian pulsa sukses dari supplier/server, maka pembeli bisa mengecek pulsa atau kuota secara berkala selang 5 menit atau 10 menit kemudian.

 

2. Periksa Kesesuaian Nomor Pembeli (Hati-hati Salah Nomor!)

Setiap penjual pulsa ditekankan agar mengecek 2 kali nomor pembeli yang hendak diisi pulsa dengan cara membacakan ulang nomor tersebut di depan pembeli. Ini dapat mengurangi kemungkinan salah nomor atau paling tidak pembeli akan ingat bila ada angka yang salah.

Salah 1 angka saja, besar kemungkinan pulsa akan masuk ke nomor orang lain. Oleh karena itu, berhati-hatilah.

 

3. Khusus Pulsa, Cek Apakah Nomor Pembeli Berlangganan Paket Internet atau Layanan lain seperti I-Ring yang Memperpanjang Otomatis ?

Kami pernah menemukan kasus ketika ada pembeli yang mengisi pulsa, langsung terpotong habis. Setelah ditelusuri ternyata pulsa tersebut terpotong otomatis karena berlangganan kuota internet terlihat dari adanya pesan masuk yang menyatakan bahwa Paket Internet telah diperpanjang.

Alhasil, kami sampaikan kepada pembeli bahwa pulsa bukannya tidak masuk, tapi terpotong karena berlangganan paket internet yang memperpanjang otomatis.

 

4. Hubungi CS Server Pulsa atau Operator Seluler

Bila setelah dicek semua dan pulsa atau kuota benar-benar belum masuk, langkah terakhir adalah menghubungi CS Server Pulsa tempat anda membeli saldo atau Operator Seluler.

Contohnya, bila anda terdaftar dan deposit saldo di Timi Pulsa, anda bisa menghubungi CS Timi Pulsa untuk meminta bantuan.

Namun, anda juga bisa langsung menghubungi CS Operator Terkait

Berikut ini Nomor Resmi Customer Service Operator :

Call Center Telkomsel  188  (Gratis namun seteleh terhubung ke CS akan dikenakan tarif Rp 300 per panggilan) atau 0807 1811 811 bila tidak menggunakan nomor Telkomsel
Call Center Indosat  185  (Rp 400/panggilan) atau +6221 3000 3000 via telepon rumah
Call Center  XL  817  (Rp 500/panggilan) atau (021) 579 59 817 bila tidak menggunakan nomor XL
Call Center Axis  838  (Rp 800/panggilan) atau  0838 8000 838 bila tidak menggunakan nomor Axis
Call Center Smartfren  888 (Rp 300/panggilan) atau 0881 1223 344 bila tidak menggunakan nomor Smartfren

Ketika terhubung dengan Customer Service Operator, biasanya kalimat komplain yang saya ucapkan seperti ini :

“Assalamualaikum, selamat pagi/siang/sore/malam pak saya Fajar penjual pulsa dari Bogor ingin menanyakan apakah transaksi pulsa nominal ….ribu ke nomor 08xxxxx hari ini jam sekian… sudah berhasil terisi ke nomor tersebut ? Sebab saya sudah menerima laporan sukses dan ada Serial Numbernya namun pembelinya bilang pulsanya belum masuk…”

Dari sini, biasanya CS sudah paham dan akan langsung mengecek transaksi tersebut. Nah itulah cara mengatasi problem dugaan pulsa pembeli belum masuk. Semoga bermanfaat…