Tips Meningkatkan Keuntungan Jualan Pulsa Anda

Penghasilan bisnis pulsa tergantung bagaimana kita memperlakukan bisnis tersebut. Bila kita menjadikannya sekedar penghasilan tambahan/sampingan, maka pendapatannya pun akan segitu-segitu saja. Namun bila kita totalitas memajukan usaha tersebut, bukan tidak mungkin menjadi sumber penghasilan utama keluarga di rumah.

Inilah uniknya wirausaha, berbeda dengan menjadi seorang karyawan yang pendapatannya stagnan dalam waktu yang sangat lama meskipun kita sudah bekerja keras. Wirausaha lebih terasa hasilnya, bila malas hasilnya sedikit, bila kerja keras hasilnya akan setimpal.

Berapa Keuntungan Jualan Pulsa dalam Sehari ?

Secara garis besar, bisa kita bagi untuk konter pulsa yang berada di dalam (bukan di pinggir jalan/tempat strategis) dan konter pulsa yang berada di pinggir jalan (strategis). Silahkan lihat di artikel “Ilustrasi Pendapatan Berjualan Pulsa

Apakah butuh Modal Besar untuk mendapatkan Penghasilan Tinggi ?

Modal besar identik dengan pengorbanan. Semakin besar pengorbanan kita memajukan usaha, semakin besar hasil yang diperoleh. Namun dalam bisnis pulsa, modal besar bukan satu-satunya cara. Kita hanya butuh sedikit ide dan upaya. Berikut ini Timi Pulsa akan membagikan cara-cara meningkatkan penghasilan bisnis pulsa yang sebenarnya sangat potensial untuk dikembangkan.

1. Membuka Konter Pulsa di Tempat yang Strategis

Tips pertama ini membutuhkan modal. Bila memang anda punya modal, tidak ada salahnya membuka konter pulsa di tempat yang strategis.

Tempat yang strategis setidaknya menjangkau 4 hal :

– Mudah terlihat

– Sumber lalu lintas

– Dekat dengan target pasar

– Mudah diakses

Contoh lokasi yang potensial adalah di pinggir jalan dekat dengan kampus, sekolah, restoran, kantor/perusahaan/pabrik. Gunakan feeling anda, intinya fokus di pusat keramaian dan demografi (apakah orang-orang disekitar butuh pulsa, token listrik, bayar tagihan dsb).

Bagaimana dengan biaya sewanya ? Tempat strategis memang identik dengan biaya sewa yang tinggi. Namun inilah yang kadang tidak dipahami oleh pebisnis pemula. Jangan takut dengan biaya sewa tinggi, karena pemilik tempat juga pasti sudah mempertimbangkan harga yang terjangkau bagi penyewa. Artinya harga yang dipatok oleh pemilik tempat, sudah terukur dengan potensi pembeli yang ada. Tinggal bagaimana strategi penjualan bisnis kita menarik sebanyak-banyaknya orang disekitar. Biaya sewa anda akan tertutup oleh potensi keuntungan yang diperoleh.

Sebagai contoh, di daerah kami Bogor Timur ada konter pulsa besar yang letaknya sangat strategis dan ternyata pemilik konter tersebut kini sudah memiliki 3 cabang yang letaknya berdekatan yaitu dekat dengan Kampus/Universitas. Bisa anda bayangkan, 3 cabang semuanya berlokasi dekat Kampus yang sama. Produknya tidak hanya pulsa dan kartu perdana, melainkan aksesoris handphone, perlengkapan laptop/komputer sampai jual beli handphone.

Berikut ini hitung-hitungan sederhana modal mendirikan Konter Pulsa di lokasi strategis yang terdiri dari biaya sewa tempat dan investasi peralatan meliputi :

  • Sewa tempat di lokasi strategis (pinggir jalan,dekat kampus dsb) biayanya berkisar Rp 1 juta – Rp 2 juta per bulan, silahkan dibuktikan.
  • Etalase Baru ukuran ± 2m x 1m Rp 800.000 bila pesan di pengrajin (Tukang). Namun tergantung ukuran dan bahan. Etalase bekas bisa lebih murah, mulai dari Rp 400.000 lihat di OLX.
  • Rak display aksesoris 90 cm x 120 cm Rp 205.000 ditambah Kaki Wire mesh T.120 cm Rp 170.000 sepasang (sumber : minimarketrak.com).
  • Rak gantungan aksesoris kecil (Cantolan) tergantung ukuran dan bahan mulai dari Rp 49.000 s.d Rp 280.000 (lihat di di sini)
  • Micro Sim Cutter harganya berkisar Rp 55.000 di toko28.com. Gunanya alat ini untuk memotong kartu sim perdana yang masih berukuran besar.
  • Lampu Neon Etalase seharga Rp 32.000 (opsional).
  • Anda bisa memasang Banner/Spanduk di konter anda. Cetak banner per meternya berkisar Rp 20.000-30.000 (pengalaman). Tinggal anda ukur saja disesuaikan dengan lebar konter. Biasanya dipasang dibagian atas kios untuk menarik perhatian orang-orang.
  • Bila perlu bisa menambahkan Tulisan Lampu Led agar konter anda menarik, harganya berkisar Rp 350.000 di tokopedia.com. Tentunya tergantung ukuran dan jumlah karakter/huruf.
  • Bangku/Kursi Plastik seharga Rp 45.000 (tokoperabotan.com). Anda bisa membeli beberapa buah sesuai kebutuhan.

Bila dikalkulasikan, untuk investasi (pembelian) peralatan konter pulsa ± Rp 2 juta (belum termasuk pengadaan produk seperti aksesoris, saldo, voucher fisik dan kartu perdana). Sementara untuk biaya sewa tempat per bulan ± Rp 2 juta. Ini sebagai gambaran saja.

Etalase Usaha Konter Pulsa
.
Rak Display Aksesoris HP
.
Rak Gantungan Aksesoris dan Micro Sim Cutter
.
Contoh Kursi Plastik dan Tulisan Led Sign Pulsa
 

2. Membuka Cabang Konter Pulsa

Perlu diingat, jangan membuka cabang sebelum anda memiliki minimal 1 konter pulsa yang sudah matang. Artinya, fokuslah mengembangkan 1 buah konter pulsa terlebih dahulu baik dari segi manajemen maupun promosi. Bila anda sudah merasa bahwa penghasilan dari 1 konter tersebut sudah “mentok”, barulah anda membuka cabang baru. Ini sangat efektif bila anda memang benar-benar ingin fokus di usaha Konter Pulsa dan HP. Ada banyak pelaku usaha konter pulsa sukses yang sebetulnya mereka memiliki banyak cabang.

3. Membuat Konter Pulsa Online

Ide ini cukup brilian, apalagi bagi pemuda yang melek Internet. Selain membuka konter pulsa di pinggir jalan, kita juga bisa membuat konter pulsa online dimana pembeli bisa dengan mudah isi pulsa online via transfer bank di website kita.

Tentu saja, penghasilan bisnis pulsa anda akan bertambah karena jangkauan pembeli semakin luas bahkan semua orang dari Sabang sampai Merauke bisa membeli pulsa melalui website konter pulsa online milik anda.

Untuk membuat sebuah konter pulsa online, anda harus membeli Script Jual Pulsa Online harganya berkisar Rp 400.000 – Rp 700.000. Pastikan untuk membeli script pulsa online di penjual yang menawarkan layanan purnajual. Artinya kita bisa dibantu support ketika ada masalah atau pertanyaan. Biasanya mereka memiliki sebuah grup di facebook atau memiliki kontak CS.

Membuat Konter Pulsa Online

Secara garis besar yang harus dipersiapkan untuk membuat Konter Pulsa Online diantaranya :

  • Rekening Bank,
  • Terdaftar di Server Pulsa (contohnya di Timi Pulsa),
  • Aplikasi Android EnvayaSMS/FondaSMS (Untuk memantau transaksi penjualan pulsa kapanpun-dimanapun)
  • Hosting
  • Script Jual Pulsa Online

Bila anda ingin membeli Script-nya (biasanya satu paket dengan semua kebutuhan website konter pulsa online), silahkan searching di Google dengan kata kunci “Jual Script Pulsa Online”. Timi Pulsa disini hanya berperan sebagai Server Pulsa multichip operator (all operator) dan tidak menjual script tersebut.

4. Menjual Aksesoris HP

Menjual Aksesoris Hp untuk meningkatkan penghasilan konter pulsa

Bagi anda yang membuka konter pulsa dan belum menambahkan produk aksesoris hp, tidak ada salahnya menggunakan sebagian keuntungan untuk menambah produk aksesoris HP di konter pulsa anda. Anda bisa menjual baterai hp, charger, kartu sim card, softcase, hardcase, handsfree, casing hp, power bank dan sebagainya. Keuntungan yang bisa diperoleh dari menjual aksesoris bisa lebih besar dibanding marjin penjualan pulsa.

5. Merekrut Downline (Menjadi Referal/Distributor Saldo)

Maksud dari merekrut downline adalah kita mencari orang yang ingin berjualan pulsa dan mendaftarkannya di Timi Pulsa. Orang yang kita daftarkan tersebut dinamakan downline. Setiap kali downline melakukan transaksi pulsa anda akan mendapatkan komisi sesuai “Up” yang anda tetapkan. Kita bisa mendaftarkannya via SMS dengan Format :

Format :    D.<nama>.<nohpdownline>.<up>.<alamat>.<pin>
Contoh :    D.TIMICEL.081310507016.200.TEGALLEGA.1234
Format diatas, dikirim ke Center Transaksi (lihat di sidebar kanan web)

Keterengan :

  • up : mark-up (rekomendasi 100 – 350 rupiah)
  • pin : (kode pin anda)

 

Dalam contoh diatas, “Up” diisi dengan 200 artinya setiap kali downline anda melakukan transaksi, maka anda akan mendapatkan komisi sebesar Rp 200. Kelihatannya kecil, tapi bagaimana bila transaksi downline anda per hari mencapai 30 transaksi. Rp 200 x 300 = Rp 6.000 per hari. Itu komisi dari 1 downline saja, bagaimana bila anda memiliki 5 downline saja – maka Rp 6.000 x 5 downline = Rp 30.000 per hari sangat lumayan bukan? Jangan lihat dari jumlahnya tapi rasakan benefitnya. Sambil berjualan pulsa, penghasilan dari komisi downline mengalir terus setiap hari tanpa harus capek.

Downline akan membeli saldo dari anda atau bisa juga langsung ke rekening Timi Pulsa. Namun disarankan agar downline membeli saldo dari anda.

Tips Mencari Downline

Berperanlah sebagai seorang Distributor Saldo. Siapkan brosur dan pricelist harga, anda bisa mendownloadnya disiniBila anda ingin serius mengembangkan jaringan (mencari sebanyak-banyaknya downline) bertindak lah seperti Sales. Tawari terlebih dahulu konter-konter pulsa disekitar anda, berikan pricelist harga dan produk agar mereka bisa membandingkan harga dan kelengkapan produk. Sebab bila anda mendapatkan downline yang membuka konter pulsa, transaksinya bisa sangat besar.

Bila anda punya modal, berikan mereka saldo dengan pembayaran tempo 3 hari sekali atau satu minggu sekali. Ini sangat efektif untuk menarik minat mereka dan sudah terbukti dilakukan oleh beberapa member Timi Pulsa.

Penjelasan mengenai Merekrut Downline juga sudah pernah dibahas di artikel “Downline Pulsa”. Silahkan dibaca untuk menambah wawasan.

Perlakuan bisnis pulsa sama seperti bisnis lain, sebuah warung kecil di pinggir jalan bisa sukses bila kita berkomitmen untuk mengembangkannya menjadi toko kelontong sekelas Alfamart. Entah itu dengan meminjam dana untuk membangun toko ataupun bekerjasama dengan orang lain yang memiliki modal. Jangan anggap remeh toko kelontong, meskipun marjin keuntungan per produknya kecil tapi lebih mudah laris.

Begitu juga dengan bisnis pulsa, kita mungkin melihat ada Konter Pulsa Rumahan yang biasanya dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. Ada juga Konter Pulsa Kecil di pinggir jalan yang dikelola secara sederhana. Namun ada pula Konter Pulsa Besar yang memiliki produk sangat lengkap, mulai dari produk pulsa, aksesoris, handphone, sampai perlengkapan komputer.

Semuanya tergantung pada diri anda, mau dijadikan penghasilan tambahan saja atau dijadikan mesin uang yang sangat potensial untuk dikembangkan.

 

Cara Mana yang Efektif bagi Pemodal Kecil ?

Bagi pemodal kecil disarankan memanfaatkan fasilitas Rekrut Downline Pulsa untuk meningkatkan penghasilan sekaligus menjadi sumber passive income karena selain mudah dijalankan juga bisa dilakukan dengan modal kecil. Komisi penghasilan dari downline akan mengalir terus setiap hari selama downline anda melakukan transaksi. Inilah kelebihan memiliki downline, tinggal diam penghasilan pasif mengalir terus. Komisi akan dibagikan setiap bulan dalam bentuk Saldo yang bisa dikonversi jadi Rupiah dengan cara menjual saldo tersebut ke downline atau digunakan untuk berjualan pulsa.

Nah itulah tips singkat meningkatkan keuntungan jualan pulsa anda. Semoga bermanfaat. Bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk berkomentar atau menghubungi CS kami.